Tuesday, October 10, 2017

90% Orang Masih Salah! Pintu Kamar Mandi Sebaiknya Dibuka Atau Ditutup?

Fungsi utama dari kamar mandi adalah untuk memenuhi kebutuhan fisiologis kita. Setelah kebutuhan kita terpenuhi, yang paling kita perhatikan adalah masalah kebersihan! Beberapa orang mungkin tidak menganggap hal ini serius. Tapi, sebenarnya kalau masalah kebersihan ini kita abaikan, bisa dengan mudah mempengaruhi kesehatan keluarga kita loh! Contohnya, saat tidak menggunakan kamar mandi, perlu tutup pintu atau tidak?
Anggap saja pintu di tutup, ketika dibuka pasti akan menimbulkan bau kurang sedap dan akan banyak membuat ruangan terkontaminasi oleh bakteri di dalamnya. Cukup jendela kamar mandi yang dibuka saja.
1. Sehabis menggunakan kamar mandi, sebaiknya pintu ditutup atau tidak?
Kalau kamu ingin menjaga kebersihan kamar mandi, kamu harus membuat ventilasi udara di kamar mandi supaya kamar mandi selalu dalam keadaan kering. Banyak orang akan membiarkan pintu terbuka sehabis menggunakan kamar mandi supaya kamar mandi tetap kering dan tidak lembab. Sebetulnya, cara ini salah, mengapa?
Karena ruangan kamar mandi biasanya akan menimbulkan bau busuk dan berbagai bakteri. Jika kamu membuka pintu, maka bau dan bakteri akan kembali ke dalam ruangan dan itu malah hanya akan menambah bakteri. Jadi, sebaiknya biarkan pintu tertutup dan membuka jendela ventilasi kamar mandi.
2. Bisakah gelas untuk berkumur diletakkan diatas wastafel?
Banyak orang biasanya akan meletakkan sikat gigi beserta gelasnya diatas wastafel demi kemudahan ketika akan menuikat gigi kembali. Tapi, sebetulnya cara ini adalah salah. Karena saat kita sedang menyiram kloset, bakteri dari percikan air kloset akan keluar lalu melayang di udara, setelah dua jam, bakteri akan jatuh menempel ke benda lain, salah satunya sikat gigi dan gelas kumur kita. Jadi, sebaiknya setelah menyikat gigi, kita meletakkan sikat dan gelas kumur di tempat yang kering dan berventilasi atau taruh di dalam lemari.
3. Bisakah disinfektan, deterjen dan bahan pembersih lainnya diletakkan di dalam kamar mandi?
Penggunaan toilet dalam jangka waktu tertentu harus dibersihkan menggunakan disinfektan. Tapi, karena area kamar mandi kecil dan disinfektan mengandung gas berbahaya, kalau kita hirup, itu akan mengganggu saluran pernafasan kita. Untuk itu, disarankan jangan menaruh bahan ini di kamar mandi, bisa ditaruh balkon atau tempat yang berventilasi udara.
4. Apakah tong sampah bisa diletakkan di kamar mandi?
Kebanyakan orang akan menaruh tong sampah di kamar mandi untuk membuang tisu bekas dan lain-lain. Tapi tisu bekas itu mengandung banyak sekali bakteri berbahaya seperti E.coli dan lainnya. Ketika bakteri ini terpapar udara, ia akan dengan cepat menular dan sangat tidak baik untuk kesehatan. Jadi, sebaiknya sediakan tong sampah beserta tutupnya dan setiap hari harus dibuang.
Nah, semoga bermanfaat ya Sobat Cerpen! Jangan lupa like dan share ke teman-temannya juga yah!
Sumber: how

http://www.cerpen.co.id/post_145285.html

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management