Monday, October 9, 2017

​"Gerakan Ajaib Ini" Telah Turun Temurun Menyembuhkan "Jutaan Penyakit Pinggang"! Kelihatannya Biasa, Tapi Khasiatnya LUAR BIASA!!

Pernahkah sobat Cerpen mengalami sakit pinggang? Low back pain atau nyeri punggung bawah, adalah sakit di bagian bawah tulang belakang atau pinggang. Bagian ini terdiri dari susunan tulang belakang, cakram antara vertebrata, sumsum tulang belakang (fungsi saraf), otot, dan ligamen.
Dalam keadaan sehari-hari, sakit pinggang dapat terjadi bila mengangkat benda berat, memutar badan, duduk terlalu lama atau dengan posisi yang salah. Gaya hidup yang aktif dan sehat serta istirahat yang cukup adalah cara menghindari sakit pinggang.
"Ada beberapa kasus low back pain, 80% di antaranya sakit pinggang dan hanya 50% yang berobat ke dokter, sakit pinggang itu keluhannya kadang tidak seperti sakit pinggang, bisa saja karena nyeri yang menjalar dari kaki", kata dokter.
Sebenarnya, kalau sakit pinggang ringan, boleh istirahat atau latihan sendiri di rumah untuk mengurangi sakitnya. Ada 3 gerakan yang dapat melindungi tulang pinggang dari sakit pinggang, yaitu dengan cara menguatkan otot pinggang dan punggung supaya tulang tidak terbebani. Kalau dibiasakan, latihan ini bukan hanya bisa meningkatkan kekuatan pinggang tapi juga kestabilan dan kebebasan beraktivitas. 
1. Baring dengan posisi sit-up, kedua lutut ditekuk. Dengan perlahan-lahan, angkat panggul dan pelan-pelan turunkan. Ulangi sebanyak 20 kali. Gerakan ini bisa memperbaiki posisi panggul dan meningkatkan kekuatan panggul.
2. Baring dengan lutut dilipat menyentuh dada, kedua tangan memeluk lutut, semakin dekat dengan dada semakin bagus, tapi hati-hati untuk tidak membungkukkan badan dari tempat tidur, badan dan leher harus tetap lurus.
3. Kaki lurus kemudian diangkat (boleh ke meja atau dengan bantuan bahu orang). Kedua tangan ditahan di bawah bokong, perlahan-lahan angkat kaki satunya lagi. Lutut boleh sedikit ditekuk, lalu turunkan, ulangi sebanyak 15 kali.
Sering-seringlah melakukan 3 gerakan di atas, akan membantu kamu menghindari sakit pinggang. Namun, bila sakit pinggang kerap kambuh dan tidak membaik, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter! Semoga bermanfaat!
Sumber: How

http://www.cerpen.co.id/post_145280.html

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management