Monday, October 9, 2017

Gawat! Bukan Cuma Gula, Tapi "7 Makanan Sehari-hari Ini" Juga Bisa Menyebabkan Diabetes! Ternyata Nasi Putih Juga!?

Apakah sobat Cerpen sendiri pernah dengar ada orang yang gak makan gula, gak makan yang manis-manis, tapi ketika dicek sudah kena diabetes? Aneh bukan!?
Ternyata gula itu lebih sering kita konsumsi dari yang kita kira. Pasalnya, gula bukan cuma terdapat dalam makanan yang manis saja seperti yang kita ketahui. Ternyata makanan pokok yang kita konsumsi sehari-hari pun juga mengandung kadar gula yang tinggi! Yuk simak apa saja mereka!
Ada istilah kedokteran yang disebut "Indeks Glikemik" (Glycemic Index) atau singkatnya GI.
Makan makanan dengan GI tinggi, gula darah akan melonjak, merangsang sejumlah besar sekresi insulin, dan akhirnya lemak sintetis. Jenis makanan ini juga bisa menyebabkan naik turunnya gula darah. Orang yang menderita diabetes sulit untuk menstabilkan gula darah.
Berikut daftar indeks GI makanan dalam kehidupan sehari-hari, di mana makanan dengan indeks GI lebih dari 70 termasuk dalam "kadar gula tinggi"; indeks GI 56-69 termasuk dalam "kadar gula menengah", indeks GI di bawah 55 termasuk "kadar gula rendah".
Kandungan serat dalam makanan juga berkaitan dengan indeks GI. Kandungan serat yang lebih tinggi, indeks GI-nya akan relatif rendah. Metode memasak juga akan mempengaruhi indeks GI. Bubur yang lebih mudah dicerna dan diserap tubuh, indeks GI malah lebih tinggi daripada nasi.
Selain tabel di atas, berikut ini juga harus diperhatikan:
Nah, sekarang sudah tahu kan makanan mana yang kadar gulanya tinggi!? Tanpa kita sadari, kita terlalu banyak makan gula! Nasi yang kita makan setiap hari saja ternyata mengandung kadar gula tertinggi, apalagi kalau makan yang lain lagi? Pasti resiko kena diabetesnya tinggi sekali! Mulai sekarang makan sebaiknya atur-atur sendiri! Semoga bermanfaat!
Sumber: Bomb

http://www.cerpen.co.id/post_145273.html

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management