Wednesday, October 18, 2017

Wajib baca! Peringatan nih buat para perokok, aktif maupun pasif ... 3 Tahun Menjadi "Perokok Pasif", Sekarang Vaginanya Terasa Gatal! Setelah Diperiksa, Ternyata Ia Menderita "Penyakit Mengerikan" Ini!

Ketika ada orang atau bahkan suamimu merokok, apakah kamu bisa membayangkan seberapa bahaya asap rokok itu terhadap dirimu dan anakmu?
Ada seorang wanita yang sudah menikah 3 tahun. Selama 3 tahun itu ia setiap hari menjadi perokok pasif, karena suaminya merokok.
Suatu ketika, wanita ini merasakan gatal pada bagian kelaminnya. Ia pun pergi memeriksakan hal ini ke dokter, dan ternyata dokter mengatakan bahwa ia mengidap kanker serviks! Mendengar hal itu, ia langsung lemas dan terduduk di lantai, tapi untungnya dokter bilang kalau kanker masih dalam tahap awal, sehingga masih bisa diatasi.
Yah, dikatakan bahwa jika menjadi seorang perokok pasif dalam jangka waktu yang panjang, maka resiko terkena kanker paru-paru akan meningkat, begitu juga dengan resiko terkena kanker koroner. Selain itu, kulit bisa cepat keriput dan wajah menjadi kusam.
Menjadi perokok pasif juga bisa mempercepat penuaan. Dan yang lebih bahaya lagi, bagi seorang wanita, kesehatan reproduksinya akan terganggu dan mengalami kerusakan yang serius!
Sebenarnya seberapa besar resiko wanita mengalami gangguan pada organ reproduksinya?
1. Kegagalan ovarium prematur
Kegagalan ovarium prematur adalah kondisi yang disebabkan hilangnya fungsi normal dari ovarium sebelum usia 40 tahun.
Asap rokok mengandung banyak nikotin, hal itulah yang membuat sekresi hormon wanita menurun dan menyebabkan menopause dini, yang oleh para dokter hal ini disebut dengan kegagalan ovarium prematur.
2. Kanker serviks
Asap rokok juga mengandung senyawa aromatik polikliklik, zat ini melalui peredaran darah masuk ke dalam tubuh manusia.
Wanita yang berusia 20 tahun ke atas, jika selama 10 tahun setiap harinya terkena asap rokok, maka probabilitas menderita kanker serviks naik hingga 6 kali lipat.
3. Kanker payudara
Menurut penelitian, wanita yang berusia 20 tahun ke atas, terlebih lagi wanita yang sudah menopause, jika terkena asap rokok (menjadi perokok pasif) maka resiko terkena kanker payudara akan meningkat.
4. Tidak subur
Asap rokok juga bisa membahayakan fungsi organ reproduksi wanita, fungsi seksual, endokrin dan lain-lain. Sebuah survei menunjukkan bahwa seorang wanita yang merokok (perokok aktif), maupun perokok pasif, tingkat infertilitasnya akan menjadi 3 kali lebih besar dibanding wanita pada dasarnya.
Beberapa wanita yang tinggal dengan seorang perokok memiliki kemungkinan terkena kanker paruparu 6 kali lipat lebih besar daripada orang pada umumnya.
Yah, masalah yang disebabkan oleh rokok nyatanya lebih berbahaya dari yang dipikirkan. Sebaiknya pahami penyakit rahim yang mungkin terjadi, dan ciptakan lingkungan yang sehat untuk rahimmu.
Rahim adalah organ yang sangat penting bagi seorang wanita. Jika ada masalah pada rahim, maka akan mempengaruhi kehamilan. Seringkali, rahim tidak sehat menyebabkan biduk rumah tangga tidak bahagia.
1. Kelainan rahim
Rahim adalah tempat janin bertumbuh. Rahim dan lingkungan yang sehat akan sangat berpengaruh terhadap pembentukan genetik seseorang.
Pada umumnya, rahim wanita berbentuk seperti buah pir dengan rata-rata panjang 7,5 cm, lebar 5 cm, dan kedalaman 2,5 cm.
Tanda-tanda adanya kelainan rahim:
  • Gangguan menstruasi
Gangguan yang terjadi ditandai dengan pendarahan yang tidak teratur, terlalu sedikit, terlalu banyak, terlalu lama dan sebagainya.
  • Infertilitas
Meski setiap wanita memiliki rahim, namun ada kemungkinan dimana rahim tidak tumbuh dengan sempurna. Gejalanya adalah seorang wanita tidak mengalami haid.
  • Patologi kehamilan
Patologi kehamilan adalah gangguan yang terjadi pada seorang wanita ketika hamil. Ketika hamil, sering mengalami keguguran, bayi lahir prematur, dan juga posisi janin tidak normal.
  • Postpartum
Perdarahan post partum adalah perdarahan melebihi 500 ml yang terjadi setelah bayi lahir.
2. Rahim lengket
Gejala rahim yang lengket:
  • Menstruasi tidak normal: Jika rahim tidak sepenuhnya lengket, maka menstruasi seorang wanita akan menjadi sedikit. Tapi jika rahim benar-benar lengket, maka ia tidak akan mengalami menstruasi atau amenore (kondisi di mana wanita yang seharusnya mendapat menstruasi tidak mendapatkan menstruasi).
  • Tidak subur: Jika rahim lengket, maka sperma tidak dapat memasuki tuba falopi dan menyebabkan wanita tidak bisa hamil.
  • Nyeri perut bagian bawah: Jika rahim lengket, maka pelepasan darah tidak lancar dan menybabkan perut bawah terasa nyeri.
  • Kegagalan kehamilan: Jika rahim lengket, maka rentan mengalami keguguran, bayi lahir prematur atau juga terjadi kehamilan ektopik (kehamilan yang berkembang di luar rahim, biasanya di dalam tuba falopi).
3. Ovarium tidak subur
Resiko ovarium tidak subur:
  • Menstruasi tidak teratur: jarang atau mengalami amenore.
  • Terjadi gangguan metabolisme hormon seks, rentan terhadap kanker payudara dan  kanker endometrium.
  • Tingkat terjadi kompilasi meningkat.
  • Berpengaruh pada penampilan anak: berambut, gemuk dan berjerawat.
  • Sindrom ovarium polikistik, yang menyebabkan tidak bisa hamil secara alami.
Nah, itu dia masalah-masalah yang akan terjadi pada rahim seorang wanita jika ia merokok ataupun menjadi perokok pasif. Yuk share artikel ini, bisar semakin banyak orang yang menyadari pentingnya menjaga kesehatan tubuh!
Sumber: thehealth

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management