Monday, October 16, 2017

Wow! Ternyata ini Hari Lahir Suzanna 'Ratu Horor' Indonesia dan Cerita Mistis Selama Hidupnya


Masih ingat dengan Suzanna? Bintang film horor Indonesia ini telah sembilan tahun meninggalkan kita semua.

Suzzanna lahir di Bogor pada 13 Oktober 1942, dan meninggal dunia di Magelang pada 15 Oktober 2008.

Ini artinya, hari ini, Jumat (13/10/2017) adalah ulang tahun Suzzanna yang ke-75. Lalu dia tepat sembilan tahun dipanggil sang Pencipta pada Minggu (15/10/2017).

Suzzanna memiliki nama lengkap Suzzanna Martha Frederika van Osch, memiliki darah Jerman-Belanda-Jawa-Manado.

Dia anak terakhir dari lima bersaudara. Satu di antara prestasi gemilang yang dia capai adalah meraih gelar aktris terpopuler se-Asia, saat Festival Film Asia Pasifik, di Korea Selatan pada tahun 1972.

Ada puluhan film yang sudah dibintangi oleh Suzanna. Film terakhir yang dia mainkan adalah film yang berjudul 'Hantu Ambulance'.

Film tersebut rilis pada 21 Februari 2008. Pada saat syuting film ini, menurut Shanker sang produser, Suzanna sudah tampak sakit.

Suzanna merupakan artis yang suka mengkonsumsi bunga melati semasa hidupnya. Artis ini juga terkenal dengan imej mistis.

Hingga jaman ini belum ada yang bisa mengalahkan keangkeran dan kemistisannya setiap memainkan tokoh dalam film horor.

Inilah film horor yang diperankan Suzanna yang memiliki tingkat horror yang tinggi mencekam banget.

1. Sundel Bolong

Film Sundel Bolong merupakan film horor dewasa yang dirilis tahun 1981. Pada film ini, pemeran utamanya adalah Suzanna dan Barry Prima.

Film ini merupakan film pertama yang diangkat berdasarkan legenda rakyat sundel bolong, dan dianggap sebagai film yang telah mempulerkan mitos tersebut. Film ini didistribusikan oleh Rapi Films.

2. Perkawinan Nyi Blorong

Film Perkawinan Nyi Blorong merupakan film drama fantasi Indonesia yang dirilis pada 1983. Film ini disutradarai Sisworo Gautama.

Film ini dibintangi antara lain oleh Clift Sangra dan Suzanna. Cerita dalam film ini, kecantikan Nyi Blorong yang diperankan Suzanna, anak Nyi Roro Kidul, membuat para raja dan pangeran saling berperang untuk mendapatkannya sebagi permaisuri.

Perebutan terakhir tinggal antara Prabu Dewacengkar dari Medangkamulan melawan Pangeran Tejo Arum dari Galunggung, yang memang dicintai Nyi Blorong.

Awalnya Tejo Arum dapat dikalahkan Dewacengkar. Tetapi ternyata ada pihak lain yang menginginkan Tejo Arum, yakni Bayugeni yang ingin mengawinkan anaknya, Layungsari.

3. Malam Jumat Kliwon

Film horor yang juga tak kalah mencekamnya adalah film Malam Jumat Kliwon. Film ini dirilis pada tahun 1986.

Film yang disutradarai oleh Sisworo Gautama Putra ini dibintangi antara lain oleh Suzanna dan Alan Nuari.

4. Malam Satu Suro

Malam Satu Suro adalah film horor romantis Indonesia tahun 1988 yang disutradarai Sisworo Gautama Putra. Film ini dibintangi oleh Suzanna dan Fendy Pradana.

Film ini dikenal dengan alur ceritanya yang unik karena tidak mengetengahkan sang hantu sundel bolong sebagai tokoh antagonis seperti umumnya di film nusantara saat itu.

Sundel bolong justru sebagai tokoh utama atau protagonis.

5. Ajian Ratu Kidul 1991

Film Ajian Ratu Laut Kidul merupakan film drama fantasi dari Indonesia tahun 1991 dengan disutradarai oleh Naryono Prayitno.

Film ini dibintangi Suzanna dan Clift Sangra berdasarkan legenda Ratu Laut Selatan.

Dalam kisahnya, kalah bersaing secara sehat, Anggoro merebut kedudukan lurah yang dipegang Lestari yang diperankan Suzanna, dengan cara main dukun.

Akibatnya, Lestari bukan hanya tersingkir, tapi juga terasing, hingga masuk hutan karena tubuhnya rusak oleh ilmu hitam.

Ditambah kematian adik dan calon adik ipar, Lestari berniat bunuh diri.

Saat itulah muncul Ki Jagasatru yang diutus penguasa alam gaib Laut Selatan untuk menyelamatkan Lestari, sekaligus mengobati cacat tubuhnya.

Atas bantuan Ki Jagasatru, kedok Anggoro dibuka dan disingkirkan.



0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management