Tuesday, October 17, 2017

Waspada! Sering Diare atau Sembelit Saat Menstruasi? Bisa Jadi Pertanda "Bagian Tubuh Ini" Kurang Normal! "Begini" Saran Dokter!!

Hai ladies! Apakah di antara kalian ada yang susah buang air besar saat datang bulan, atau malah ke toilet terus? Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?
Masalah pencernaan yang timbul seperti diare, konstipasi atau perut kembung saat menstruasi dikarenakan terjadinya pergolakan hormon sepeti estrogen dan progesteron yang lebih rendah. Gangguan hormon inilah yang menjadi pemicu segala gejala yang muncul saat menstruasi!
Berikut ini makanan yang bisa kalian makan untuk mengatasi diare atau sembelit saat menstruasi! Yuk disimak!
1. Diare
Diare saat menstruasi tandanya limpa tidak bisa mengeluarkan "udara lembab" dari dalam tubuh sehingga mengakibatkan metabolisme dan pencernaan terganggu, menyebabkan diare, mulut kering, mudah lelah dan timbunan cairan pada tubuh bagian bawah.
Dokter menyarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang dingin saat haid, seperti semangka, pir, grapefruit, mangga, melon, lobak putih, asparagus, rebung, teh, pare dan buah sejenis labu atau ketimun. Banyaklah minum air hangat untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.
2. Perut kembung
Gejala seperti perut kembung, nyeri payudara, emosi tidak stabil, sakit perut selain karena pengaruh hormonal juga disebabkan oleh "stagnasi Qi pada liver" (aliran darah kurang lancar).
Pengobatan tradisional Tiongkok merekomendasikan banyak olahraga untuk mengurangi stres dan meringankan segala ketidaknyamanan saat menstruasi.
3. Sembelit
Sembelit biasanya disertai dengan pinggul terasa pegal, tangan kaki dingin, tandanya defisiensi "Yang" (panas) pada organ limpa dan ginjal.
Pengobatan tradisional Tiongkok merekomendasikan banyak makan makanan hangat seperti kayu manis, jahe, kacang-kacangan untuk mengatasi sembelit.
Sumber: womenclub

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management